Sunday, April 17, 2016

Bitcoin and Satoshi miner


Welcome Guys
Masih pada penasaran apa sih Bitcoin dan Satoshi itu?

Plus minusnya apa jika kita memakai bitcoin?

Pada jaman dahulu kala -,-" :3 (tua bener yak), just kidding. Jadi awal mula bitcoin itu ditemukan oleh Satoshi Nakamoto pada 3 Januari 2009, Nakamoto sendiri berasal dari jepang. Peluncuran 31.000 baris kode pemrograman ini adalah tanda sebagai lahirnya mata uang buatannya yaitu Bitcoin.

Pertama kali lahir hanya ada 50 Bitcoin melalui sistem pemrograman tersebut, selanjutnya sistem ini dikenal sebagai "Genesis Block". Bitcoin tidak memiliki bentuk atau shape seperti uang kertas,uang koin ataupun emas. Bitcoin adakah mata uang digital, sebuah mata uang yang dikendalikan dengan piranti lunak atau software (baca : Kriptografi) akan dibahas pada bahasan selanjutnya yak :3.

Karena Bitcoin adalah mata uang secara un-riil maka awal mulanya bitcoin hanya populer pada kalangan Kriptografer saja, apa itu Kriptografi? yg pasti bukan batu yang bikin superman lemes ya :v (baca : Kryptonite). Kriptografi adalah ilmu yang mempelajari mengenai penyandian, penyandian disini adalah penyandian kode-kode rahasia ( yang pasti bukan rahasia tetangga :V Uyee).

Pendistribusian Bitcoin sendiri dilakukan kepada mereka yang "menambang" atau lebih dikenal sebagai "Miner". Sudah banyak sekali web-web ataupun situs-situs yang menyediakan Bitcoin dalam satuan Satoshi secara gratis dengan waktu berjangka untuk dapat di tambang lagi. Konversi Satoshi adalah sepermiliar Bitcoin ( 1 Bitcoin = 1.000.000.000 Satoshi). Jangan melet-melet gan denger nominalnya, dikit amat? memang semua butuh kesabaran kok, admin sendiri juga "Miner" Satoshi kok, karena "Kesabaran" adalah sebagian dari "Iman". Yang tidak sabaran jangan emosi jiwa :p, tiada maksud menyinggung :3.

Seiring waktu, karena kemudahannya maka mata uang digital ini semakin dilirik sebagai alternatif transaksi secara digital. Pertama kali Bitcoin diperkenalkan, nilainya hanya kurang dari 1$. Tetapi nominal tersebut melambung jauh pada Desember 2013 berkisar 710$ AS. Fantastis kan? itulah alasan sekarang Bitcoin ini sangat dicari dan semakin populer.
Nah trus si Nakamoto kemana perginya?
Yang pasti Nakamoto kaga semedi atau cari wangsit lho gan :3. Nakamoto pada tanggal 12 Desember 2010 mengumumkan ke wikileaks mengenai pesan terakhirnya di forum. Saat itu Pengembangan Bitcoin dipegang oleh Gavin Andersen. Situsnya Bitcoin Faucet bertujuan membag-bagikan 10.000 Bitcoin secara cuma-cuma. Yang mana sekarang sangat dikenal dikalangan "Pemburu" Bitcoin dengan istilah Faucet, yang kemudian di adopsi oleh semakin maraknya situs yang membagikan Bitcoin dengan istilah Faucet Site. Gavin Andersen sebagai satu-satunya orang yang masih bisa berkomunikasi dengan Nakamoto mengumumkan pesannya pada tanggal 26 April 2011. "Pagi ini Nakamoto menyarankan bahwa saya, dan kita (komunitas Bitcoin), harus mulai untuk tidak membesar-besarkan soal keberadaan "Pendiri Yang Misterius" saat berbicara ke publik mengenai Bitcoin". tulis Andresen.

Berbagai Klenik,eh maksudnya rumor bahwa Satoshi Nakamoto ini hanyalah nama samaran yang diambil dari nama perusahaan teknologi. Sempat beredar rumor bahwa Satoshi ini bukan berasal dari Jepang dikarenakan bahasa Inggris-nya yang sangat fasih dan lancar. Dari sekian teori yang paling diterima adalah bahwa Satoshi Nakamoto sebenarnya adalah perwakilan dari sebuah tim,mengapa? Karena Bitcoin memiliki sebuah rancangan yang sangat baik dan rumit sehingga tak mungkin dibuat oleh satu orang saja.

Transaksi menggunakan Bitcoin
Admin sudah menggunakan Bitcoin walau masih unyu dan belum terkumpul cukup banyak, tetapi semua di dunia ini ada plus minusnya. Kadang diatas kadang dibawah, kadang hati ini sakit oleh wanita :V :D :3.  Sorry jadi curhat (tisu mana tisu,hohoho)

Transaksi Bitcoin ini awalnya Admin sendiri bingung dan tidak mengerti bagaimana caranya? cara dapetinnya gimana? trus simpen dimana?
Bermodal Wifi dirumah dan laptop lapuk(Baca : Edisi Hampir Punah) akhirnya Admin bersurfing melalui Google Search dan menemukan berbagai info menarik mengenai Bitcoin.

Admin sendiri menggunakan Wallet atau Dompet buatan Negeri Indonesia tercinta. Apa min Walletnya? Kepo yaaa? hohoho, mau tau aja apa mau tau banget? Admin sendiri pakai VIP bitcoin. Daftarnya Cekidot Disini untuk wallet negeri tercinta.

Nah sekarang kita sudah memiliki dompet untuk menyimpan Bitcoin yang kita peroleh dari berbagai "Faucet" atau "Keran Bitcoin". Salah satu Faucet yang admin ikuti adalah Satoshi Now, ClaimBTC, Dan Pocket Dice Game yang memberikan BTC secara cuma-cuma dan dapat dimainkan. Yummy kan ? :D

Back to topic, lantas plus minusnya apa admin?
Keuntungannya :
  1. Kebebasan Pembayaran - Memungkinkan Anda untuk mengirim dan menerima uang secara instan di manapun dan kapanpun. Tidak ada libur bank. Tidak ada batas negara. Tidak ada batasan yang diberlakukan. Bitcoin memberikan penggunanya kontrol penuh atas uang mereka. (sumber : Bitcoin.org)
  2. Biaya sangat rendah - Pembayaran Bitcoin saat ini diproses tanpa biaya atau dengan biaya yang sangat rendah. Pengguna dapat memasukkan biaya dalam transaksi untuk memperoleh pemrosesan prioritas, sehingga mendapat konfirmasi transaksi yang lebih cepat oleh jaringan. Sebagai tambahan, prosesor penjual ada untuk membantu penjual dalam pemrosesan transaksi, mengubah bitcoin ke dalam mata uang fiat konvensional, dan memasukkan uang langsung ke rekening bank penjual setiap harinya. Karena semua layanan ini berbasis Bitcoin, maka biaya yang diperlukan jauh lebih rendah dibanding jaringan kartu kredit maupun PayPal.(sumber : Bitcoin.org)
  3. Rendah risiko bagi penjual - Transaksi Bitcoin sangat aman, tidak bisa dibatalkan, dan tidak mengandung informasi pribadi atau sensitif dari pelanggan. Hal ini melindungi penjual dari kerugian akibat penipuan atau kecurangan chargeback. Penjual dapat dengan mudah berekspansi ke pasar baru di mana kartu kredit tidak tersedia dan tingkat penipuan sangat tinggi. Hasil akhir dari Bitcoin adalah biaya yang lebih rendah, pasar yang lebih luas, dan pengeluaran administratif yang lebih sedikit.(sumber : Bitcoin.org)
  4. Keamanan dan kontrol - Pengguna Bitcoin memiliki kontrol penuh atas transaksi mereka; tidak mungkin bagi penjual untuk membuat tagihan yang tidak diinginkan ataupun diperhatikan sebagaimana yang bisa terjadi dengan metode pembayaran lainnya. Pembayaran dengan Bitcoin bisa dibuat tanpa menyertakan identintas pribadi untuk proses pembayarannya. Hal ini memberikan perlindungan yang kuat dari para pencuri identitas. Pengguna Bitcoin juga bisa melindungi uang mereka dengan pencadangan dan enskripsi.(sumber : Bitcoin.org)
  5. Transparan dan netral - Semua informasi terkait suplai uang Bitcoin telah tersedia dalam rantai-blok bagi siapa saja yang ingin memverifikasi atau menggunakannya secara waktu-nyata. Tidak ada individu ataupun organisasi yang dapat mengontrol atau memanipulasi protokol Bitcoin karena sangat aman secara kriptografis. Hal ini memungkinkan inti Bitcoin untuk dapat sepenuhnya netral, transparan, dan dapat diprediksi.(sumber : Bitcoin.org)

Trus min kerugiannya apa?
  1. Tingkat penerimaan - Banyak orang masih belum menyadari keberadaan Bitcoin. Setiap hari, makin banyak bisnis yang menerima bitcoin karena mereka menginginkan keuntungan dari penggunaan bitcoin, namun tetap saja daftar pengguna masih sedikit dan perlu bertumbuh untuk mendapat keuntungan dari efek jaringan.(sumber : Bitcoin.org)
  2. Volatilitas - Nilai total dari bitcoin yang beredar dan jumlah bisnis yang menggunakan Bitcoin masih sangat kecil dibanding yang semestinya. Karena itu, acara-acara kecil, perdagangan, ataupun aktivitas bisnis dapat secara signifikan mempengaruhi harga bitcoin. Secara teori, volatilitas ini akan berkurang seiring berkembangnya pasar dan teknologi Bitcoin. Sebelumnya tidak pernah ada mata uang yang diciptakan sendiri, sehingga sangat sulit (dan menarik) untuk membayangkan perkembangan apa yang akan terjadi selanjutnya.(sumber : Bitcoin.org)
  3. Pengembangan yang sedang berlangsung - Perangkat lunak Bitcoin masih dalam versi beta dengan banyak fitur tidak lengkap yang masih dikembangkan secara aktif. Perangkat, fitur, dan layanan baru tengah dikembangkan untuk membuat Bitcoin lebih aman dan mudah diakses publik. Beberapa pengembangan ini masih belum siap untuk semua orang. Sebagian besar bisnis Bitcoin masih tergolong baru dan belum menawarkan asuransi. Secara umum, Bitcoin masih dalam proses pendewasaan.(sumber : Bitcoin.org)

setiap transaksi membutuhkan kode atau sandi atau baris pin, di Bitcoin pun dikenal dengan "private key" yang ditemukan pada "wallet" atau dompet seperti admin terangkan diatas. Penyimpanannya gimana min? Admin sendiri mencetak halaman private key tersebut, Private key bisa ditemukan pada My account- deposit, disitu akan ada QR code mirip seperti Scan kode batang pada BBM(untuk penggunaan android/mobile phone) sebagai sinkronisasi dengan device pada akun anda melalui penggunaan mobile device. Juga dapat copy paste kode apabila penggunaan langsung melalu PC atau laptop.

Mengurangi resiko pada akun
Untuk melindungi wallet online, password yang kuat bisa digunakan. Dapat pula ditambahi layanan otentikasi dua-faktor macam Google Authenticator yang seringkali ditawarkan oleh dompet berbasis web. Backup wallet juga diperlukan untuk berjaga-jaga terhadap kemungkinan server bermasalah atau komputer/hard disk rusak.

Akhir kata pahamilah dulu segala seluk beluk hal baru yang akan kita tekuni, pelajari dulu secara mendalam, atur pemahaman kita dan mulailah dengan niat, doa, dan usaha. Tidak ada yang namanya kaya secara instan, semua butuh usaha dan perjuangan. Semangat!! Ganbatte!!

3 comments:

  1. YoBit lets you to claim FREE COINS from over 100 unique crypto-currencies, you complete a captcha one time and claim as many as coins you can from the available offers.

    After you make about 20-30 claims, you complete the captcha and proceed to claiming.

    You can press CLAIM as much as 30 times per one captcha.

    The coins will safe in your account, and you can convert them to Bitcoins or USD.

    ReplyDelete
  2. BIT KONG: Fun and Addictive, provably fair bitcoin game.

    TIP: Claim bitcoins every 10 minutes from the faucet.

    ReplyDelete
  3. Submit your website or blog now for appearing in Google and 300+ search engines!

    Over 200,000 websites indexed!

    Submit TODAY with I NEED HITS!!!

    ReplyDelete